Langkah Ketahui Tanda Awal Kehamilan Sebelumnya Telat Haid

Langkah Ketahui Tanda Awal Kehamilan Sebelumnya Telat Haid

Langkah Ketahui Tanda Awal Kehamilan Sebelumnya Telat Haid

Oma Ilmu Kesehatan – Untuk pasangan yang sudah menikah, memanglah datangnya kehamilan tidak bisa diprediksikan. Ada pasangan yang segera memperoleh kehamilan sebagian waktu sesudah menikah, namun ada pula pasangan yang sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai momongan. Sebab terjadinya kehamilan di pengaruhi banyaknya aspek, baik yang datang dari pihak wanita ataupun pria. Untuk Anda yang menginginkan ketahui secara cepat apakah tengah hamil atau tidak, di bawah ini adalah tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid :

1. Kram perut

Kram perut adalah tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid yang cukup ciri khas. Sebab biasanya waktu awal kehamilan calon ibu juga akan alami kram atau kencang pada perut. Kram pada perut ini disebabkan karena terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal sesudah hadirnya plasenta. Kram perut dapat juga bisa karena sebab otot rahim yang meregang karena hadirnya janin. Keadaan ini umumnya cuma berjalan enteng. Bila berlangsung kram perut yang hebat dibarengi dengan adanya banyak perdarahan, jadi Anda mesti selekasnya kontrol ke dokter untuk memperoleh pertolongan medis.

2. Bercak darah

Terkecuali kram perut, tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid yang seringkali berlangsung yakni ada bercak darah enteng (flek/spoting). Bercak darah ini umumnya berwarna merah muda atau coklat yang sering melekat pada celana dalam. Ada bercak darah pada awal masa kehamilan ini dikarenakan oleh ada sistem implantasi sel ovum yang sudah dibuahi oleh sel sperma yang melekat ke dinding rahim. Jadi ada bercak darah ini yaitu adalah suatu hal hal yang lumrah/normal. Namun bila bercak darah itu volumenya banyak atau mungkin dengan kata beda berlangsung perdarahan, jadi Anda mesti pergi ke dokter/fasilitas kesehatan untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki, termasuk juga peluang terjadinya keguguran.

3. Perubahan pada organ intim

Tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid dapat juga diikuti dengan terdapatnya perubahan pada bibir organ intim/ruang kewanitaan. Perubahan itu yakni pada warnanya yang awal mulanya merah muda beralih jadi lebih pucat/gelap. Pada awal kehamilan umumnya akan keluar cairan dari organ intim calon ibu yang serupa keputihan. Hal tersebut adalah cairan yang dibuat dari pembuahan yang datang dari cervical mucus.

4. Mual/muntah

Mual/muntah adalah tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid yang disebabkan karna hormon estrogen yang bertambah mengakibatkan penambahan asam lambung. Mual/muntah dapat juga karena sebab hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang mulai dibuat oleh plasenta. Diluar itu mual/muntah dapat juga dipicu oleh ada perubahan metabolisme pada organ hati ketika awal kehamilan dan dapatlah ditambah karna ada aspek psikis calon ibu yang mulai labil. Terjadinya mual/muntah ini biasanya juga akan mereda bersamaan menambahnya usia kehamilan, namun pada sebagian masalah ada calon ibu yang selalu rasakan mual/muntah hingga bayi yang dikandungnya lahir.

Mual/muntah ini seringkali berlangsung saat pagi hari waktu bangun tidur hingga seringkali dikatakan sebagai morning sicknes. Morning sickness ini umumnya juga dibarengi tanda pusing atau tidak enak tubuh. Mual/muntah juga seringkali dibarengi oleh tanda ngidam, di mana calon ibu memiliki hasrat atau dorongan besar pada type makanan spesifik, yang umumnya rasa-rasanya asam.

5. Gampang capek

Tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid yang selanjutnya yakni calon ibu jadi gampang lelah/capek. Hadirnya janin juga akan mengakibatkan penambahan supply aliran darah menuju ke janin serta pastinya ibu mesti sharing nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Pada fase awal penyesuaian, calon ibu umumnya juga akan seringkali rasakan gampang lelah. Oleh karenanya bila kehamilan di ketahui mulai sejak awal jadi pastinya calon ibu mesti perbanyak konsumsi nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan calon ibu tersebut dan perubahan janinnya.

6. Payudara lebih sensitif

Pada saat awal kehamilan umumnya payudara calon ibu umumnya juga berlangsung perubahan, di mana payudara semakin lebih peka bila dibanding terlebih dulu, aerola (daerah sekitaran puting susu) juga akan tampak menghitam, ukuran payudara jadi membesar dan merasa lebih berat, serta umumnya juga pada ruang payudara merasa agak sakit. Tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid ini berlangsung karna ada penambahan hormon progesteron serta estrogen pada badan wanita hamil.

7. Seringkali buang air kecil

Pada calon ibu juga ada tanda awal kehamilan sebelumnya telat haid berbentuk seringkali buang air kecil. Tanda ini karena sebab pada awal kehamilan badan juga akan menyesuaikan dengan hadirnya janin, seperti volumen dalam darah bertambah serta ginjal juga akan bekerja lebih keras dari umumnya hingga wanita hamil juga akan seringkali alami seringkali buang air kecil. Diluar itu tanda ini dipicu oleh penambahan hormon HCG dan hadirnya janin yang menekan kandung kemih.

8. Peka pada bau

Satu diantara tanda awal kehamilan sesudah terkait sebelumnya berlangsung telat haid yakni calon ibu umumnya lebih peka pada bau. Di mana dia tidak suka pada aroma-aroma yang yang agak menyengat meskipun aroma itu terlebih dulu disenangi oleh wanita itu. Hal semacam ini gampang dirasa saat wanita hamil pergi ke dapur yang umumnya merasa eneg saat mencium bumbu dapur maupun type aroma makanan spesifik. Terkecuali terasa eneg, wanita hamil bila bau aromanya sangat menyengat untuk dianya dapatlah mengakibatkan mual serta muntah.

Sesudah memperoleh tanda kehamilan awal sebelumnya telat haid seperti yang sudah diterangkan diatas, jadi baiknya calon ibu mesti mulai tingkatkan perhatian pada kesehatan diri serta janin yang dikandungnya. Pada saat awal kehamilan baiknya perbanyak mengkonsumsi buah serta sayur, banyak minum air putih, hindari rokok, serta jauhi kegiatan yang sangat berat. Diluar itu janganlah konsumsi obat-obatan tidak ada resep dari dokter karna terdapat banyak type obat yang bila dikonsumsi bisa membahayakan janin. Sesudah ada sinyal tanda awal kehamilan, Anda bisa melanjutkan untuk check kehamilan yang beda, seperti memakai alat test kehamilan (test pack) dan kontrol ke dokter untuk dikerjakan USG supaya memperoleh hasil yang lebih valid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s