Diagnosis Penyakit Angin Duduk (Angina)

Diagnosis Penyakit Angin Duduk (Angina)

Diagnosis Penyakit Angin Duduk (Angina)

Oma Ilmu Kesehatan – Dalam mendiagnosis angin duduk, biasanya dokter juga akan mulai dengan bertanya sekitar tanda yang dihadapi pasien. Diluar itu, dokter akan bertanya apakah pasien mempunyai keluarga berpenyakit jantung atau sukai lakukan bebrapa rutinitas yang bisa menyebabkan keadaan itu, umpamanya sukai konsumsi makan berlemak, merokok, atau konsumsi minum keras.

Untuk semakin memperkuat diagnosis, sebagian kontrol sederhana dapat juga dikerjakan oleh dokter, salah satunya pengukuran berat tubuh, pengukuran desakan darah, serta kontrol darah untuk ketahui kandungan gula, cholesterol, dan peranan ginjal. Terkecuali lewat kontrol darah, peranan ginjal dapat juga di ketahui lewat tes urin. Keadaan yang terkait dengan ginjal perlu untuk dideteksi karna terdapat banyak obat angin duduk yg tidak bisa dipakai oleh pasien penyakit ginjal.

Diluar itu, tersebut disini kontrol selanjutnya untuk meyakinkan diagnosis angin duduk :

  • Elektrokardiogram (EKG). Lewat tes ini kesibukan elektrik serta ritme jantung direkam dengan pertolongan elektroda yang dikaitkan pada suatu mesin spesial. Dari alur detak jantung yang terekam ini, dokter bisa lihat apakah aliran darah pasien alami penurunun atau masalah. Terkecuali angin duduk, elektrokardiogram dapat juga mendeteksi apakah pasien alami serangan jantung.
  • Ekokardiogram. Tes ini mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi beberapa masalah yang terkait dengan angin duduk, umpamanya ada rusaknya otot jantung karena terganggunya aliran darah atau ada sisi jantung yang kurang cukup memperoleh supply darah. Identifikasi ini didapat dari satu gambar yang dibuat lewat gelombang nada.
  • Tes ketahanan jantung (Exercise Tolerance Test). Tes ini mempunyai tujuan mengukur ketahanan jantung waktu kita beraktivitas fisik sebelumnya tanda angin duduk keluar. Kesibukan fisik dapat berbentuk berolahraga dengan treadmill yang dikerjakan di ruang. Tes ketahanan jantung juga akan digabungkan dengan elektrokardiogram untuk menolong dokter membaca ritme jantung.
  • Skintigrafi jantung. Tes ini dapat dikerjakan bila hasil pembacaan elektrokardiogram masih tetap menyangsikan. Didalam tes skintigrafi jantung, satu cairan pewarna spesial juga akan disuntikkan kedalam pembuluh darah. Zat pewarna ini juga akan mengalir menuju jantung serta diawasi dengan memakai camera gamma untuk ketahui bila aliran itu alami masalah.
  • Angiografi pembuluh darah koroner. Tes ini dikerjakan dengan memakai alat spesial yang berupa selang tidak tebal yang dimasukkan kedalam pembuluh darah. Maksudnya adalah untuk ketahui apakah pembuluh darah itu alami penyumbatan serta seberapa kronis penyumbatan itu. Angiografi jantung dikerjakan bila diagnosis angin duduk tidak dapat dikerjakan lewat cara apapun atau bila tanda selalu ada walau telah diobati. Tes ini berisiko menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung atau stroke. Oleh karenanya, prosedur ini cuma dikerjakan bila betul-betul dibutuhkan.
  • Tes darah. Dokter juga akan mempelajari kehadiran enzim jantung didalam darah jadi referensi terjadinya rusaknya pada organ jantung karena serangan jantung.
  • X-ray dada (rontgen). Cara kontrol ini kadang-kadang digunakan oleh dokter untuk lihat apakah tanda yang dirasa terkait dengan keadaan terkecuali angin duduk. Diluar itu, kontrol yang hasilkan citra jantung serta paru-paru ini digunakan oleh dokter untuk lihat ada pembesaran jantung.
  • CT scan jantung. Kontrol ini mempunyai tujuan ketahui ada serta seberapa kronis penyempitan pada pembuluh jantung dan adakah pembesaran jantung yang tidaklah terlalu terlihat dari hasil X-Ray dada. CT scan jantung dikerjakan dengan pertolongan mesin spesial berupa tabung yang diperlengkapi dengan X-ray. Dari kontrol ini juga akan didapat gambar tentang keadaan jantung pasien dengan terinci.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s